Keutamaan Sholawat Nariyah serta Teks Lirik dan Artinya

Sholawat Nariyah – Sholawat adalah sebuah doa permohonan yang dipanjatkan kepada Allah SWT agar memberikan kemuliaan, keberkahan, dan kebahagiaan kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya, beserta para sahabatnya. Sholawat juga merupakan ungkapan kecintaan kita kepada panutan umat Rasulullah SAW.

Selain merupakan permohonan, bila saat kita berdoa diawali dengan membaca sholawat, maka diharapkan doa tersebut akan menjadi semakin kuat sehingga bisa segera naik ke langit dan dikabulkan Allah SWT.

sholawat nariyah

Bacaan sholawat akhir-akhir ini makin disukai masyarakat, terutama setelah grup Sabyan Gambus dengan vokalisnya Nissa Sabyan begitu popular dengan lagu-lagu sholawatnya. Nah, dari begitu banyak jenis sholawat ada salah satu yang popular dengan sebutan sholawat nariyah.

Sholawat Nariyah merupakan jenis sholawat yang disusun oleh Syekh Nariyah yang diketahui hidup pada zaman Rasulullah SAW. Karena itulah Syekh Nariyah juga dikenal sebagai salah satu sahabat nabi. Seperti dikutip dari Kitab Khozinatul Asror bahwa, “Salah satu sholawat yang mustajab adalah Sholawat Tafrijiyah Qurthubiyah, dimana orang Maroko mengenalnya dengan sebutan Sholawat Nariyah. (Kitab Khozinatul Asror (hlm. 179).

Terlepas dari pro dan kontra tentang sholawat nariyah, namun membaca sholawat merupakan ajaran Islam agar kita mendoakan Rasulullah SAW demi terkabulnya doa dan permohonan kita.

Teks Lirik Sholawat Nariyah dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Membaca sholawat merupakan perintah Allah SWT sebagaimana Allah dan para malaikat-Nya juga melakukannya seperti tertuang dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 56 berikut ini:

Innallaha wamalaaikatahu yusholluuna ‘alannabiyi yaa ayyuhallazina aamanuu sholluu ‘alaihi wasallimuu tasliimaa.

Artinya: “Sesungguhnya Allah (menganugerahkan keberkatan) dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat (memohonkan keberkatan kepada Allah SWT) atas Nabi Muhammad SAW. Hai orang-orang yang beriman,b ersholawatlah kamu (berdo’alah untuk keberkatan) Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya (mohonkan keselamatan untuknya).” (QS Al-Ahzabayat 56)

Berikut ini teks bacaan sholawat nariyah dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya:

sholawat nariyah

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman ‘ala sayyidina muhammadini llazii tanhallu bihil ‘uqodu, watanfariju bihilkurobu watuqdlo bihil hawaaiju watunaalu bihirroghooibu wahusnul khowaatim wayustasqol ghomaamu biwajhihil kariimi, wa’alaa aalihii washohbihii fii kulli lamhatin wanafasin bi’adadi kulli ma’luumin llaka.

Arti Bacaan Sholawat Nariyah

“Wahai Allah. Limpahkanlah keberkahan (sholawat) dan keselamatan yang sempurna kepada junjungan kami, Muhammad, pada setiap pandangan mata dan hembusan napas makhluk Engkau sebanyak bilangan dalam pengetahuan Engkau. Karena kekuasaan Engkau-lah terlepas belenggu kesempitan kehidupan, hilang kesusahan, terpenuhi berbagai kebutuhan, terjangkau segala yang diinginkan, tercapai akhir kehidupan yang baik, serta turun hujan dari awan. Juga keberkahan (sholawat) kepada keluarga dan sahabatnya.”

Fadhilah atau Keutamaan Sholawat Nariyah

Keutamaan membaca sholawat nariyah, menurut para ulama, cukup banyak, yaitu antara lain:

Membaca shalawat nariyah dapat meningkatkan semangat keagamaan dan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW.
Menurut KH Munawir Abdul Fattah, Pengasuh Pondok Pesantren Krapyak, Yogyakarta, akanlebh baik jika dalam setiap kegiatan disisipi bacaan shalawat dengan segala ragamnya karena mengutip sebuah hadits bahwa Nabi Muhammad bersabda, “Siapa membaca shalawat untukku, Allah akan membalasnya 10 kebaikan, diampuni 10 dosanya, dan ditambah 10 derajat baginya.”

Rasulullah bersabda: Siapa membaca shalawat kepadaku sehari 100 kali (dalam riwayat lain): Siapa membaca shalawal kepadaku 100 kali maka Allah akan mengijabahi 100 kali hajatnya; 70 hajatnya di akhirat, dan 30 di dunia. (HR Ibnu Mundah dari Jabir)

“Shalawat ini juga oleh para ahli yang tahu rahasia alam diyakini sebagai kunci gudang yang mumpuni. Dan Imam Dainuri memberikan komentarnya: Siapa membaca shalawat ini sehabis shalat (Fardhu) 11 kali digunakan sebagai wiridan maka rizekinya tidak akan putus, di samping mendapatkan pangkat kedudukan dan tingkatan orang kaya.”

Rasulullah juga mengatakan; Perbanyaklah shalawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan. (Kitab an-Nuzhah yang dikutib juga dalam Khozinatul Asror)

Ketika dibaca sebanyak 11 kali setiap hari, maka rizki akan turun dari langit dan tumbuh dari bumi. (Syaikh Muhammad at-Tanusi)

Imam Al-Qurthubi, seperti ditegaskan oleh Ibnu Hajar al-Asqalani, memberikan satu bilangan khusus untuk membaca sholawat nariyah ini, yaitu sebanyak 4.444 kali. Karena itu jika membaca sholawat nariyah sebanyak 4444 kali yang dilakukan dengan tawasul kepada Nabi Muhammad SAW, maka segala harapan akan terwujud dan akan dihindarkan dari seluruh cobaan (bala’). Wallahu a’lam.

Itulah informasi tentang keutamaan sholawat nariyah beserta teks lirik dan artinya yang semoga bermanfaat.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.